Mengenal Macam-macam CPU Governor pada Android

Sebagai Penggemar setia android dan khususnya buat para opreker alias tukang oprek android, harus wajib ngerti apa yang namanya CPU Governor ini, karna berpengaruh dalam performa device kita :D

Oleh karena itu kita coba share beberapa informasi mengenai Governor ini

CPU Governors:

ada beberapa macam Governor yang perlu kita ketahui dan bisa kita terapkan pada device kita sesuai dengan kebutuhan,

1. OnDemand Governor:

Guvernor ini memiliki pemicu untuk meningkatkan clockspeed dengan kecepatan maksimum yang ditetapkan oleh pengguna. Jika beban CPU yang digunakan oleh pengguna mereda, maka OnDemand perlahan akan mundur ke bawah melalui steppings frekuensi kernel sampai mengendap pada frekuensi serendah mungkin, atau pengguna menjalankan task yang membutuhkan ramp.

OnDemand memiliki fluiditas antarmuka yang sangat baik karena frekuensi bias yang tinggi, tetapi juga dapat memiliki efek yang relatif negatif pada baterai dibandingkan governor lainnya. OnDemand umumnya dipilih oleh produsen smartphone karena teruji, handal, dan hampir menjamin kinerja halus mungkin untuk telepon.

2. Performance Governor:

Ini mengunci CPU telepon pada frekuensi maksimum. Meskipun hal ini mungkin terdengar seperti ide yang jelek, ada bukti yang berkembang menunjukkan bahwa menjalankan telepon pada frekuensi maksimum setiap saat akan memungkinkan lebih cepat menuju fase idle. fase idle adalah proses dimana telepon menyelesaikan tugas yang diberikan, seperti sinkronisasi email, dan mengembalikan CPU ke keadaan rendah daya sangat efisien. Hal ini masih memerlukan pengujian yang ekstensif, dan kernel yang benar menerapkan CPU.

3. Powersave Governor:

Kebalikan dari gubernur Kinerja, gubernur Hemat daya mengunci frekuensi CPU di set frekuensi terendah oleh pengguna.

4. Conservative Governor:

Ini bias telepon untuk memilih serendah mungkin clockspeed sesering mungkin. Dengan kata lain, beban yang lebih besar dan lebih gigih harus ditempatkan pada CPU sebelum governor konservatif akan diminta untuk menaikkan CPU clockspeed. Tergantung pada bagaimana pengembang telah menerapkan gubernur ini, dan minimal clockspeed dipilih oleh pengguna, gubernur konservatif dapat memperkenalkan kinerja berombak. Di sisi lain, hal itu bisa berefek baik untuk baterai.

5. Userspace Governor:

Governor ini, sangat langka bagi dunia perangkat mobile, memungkinkan setiap program yang dijalankan oleh pengguna untuk mengatur frekuensi operasi CPU. Gubernur ini lebih umum di antara server atau PC desktop di mana sebuah aplikasi  membutuhkan otorisasi untuk mengatur CPU clockspeed.

6. Min Max

Governor ini memanfaatkan min hanya & frekuensi maksimum berdasarkan beban kerja … tidak ada frekuensi menengah yang digunakan.

7. Interactive Governor:

governor Interaktif skala CPU clockspeed dalam menanggapi beban kerja ditempatkan pada CPU oleh pengguna. Ini adalah tempat akhir kesamaan. Interaktif secara signifikan lebih responsif daripada OnDemand, karena lebih cepat pada skala untuk frekuensi maksimum.

8. InteractiveX Governor:

InteractiveX governor didasarkan berat pada governor Interaktif, ditingkatkan dengan parameter setting baterai antara keseimbangan yang lebih baik vs kinerja. Fitur governor InteractiveX yang mendefinisikan, bagaimanapun, adalah bahwa hal itu mengunci frekuensi CPU ke terendah kecepatan pengguna didefinisikan ketika layar dimatikan.

9. Lagfree:

Lagfree mirip dengan ondemand. Perbedaan utama adalah optimasi itu untuk menjadi lebih ramah baterai. Frekuensi menurun dengan sangat halus dan meningkat, tidak seperti ondemand yang melompat ke 100% terlalu sering. Lagfree tidak melewatkan setiap langkah serta meningkatkan frekuensi atas atau bawah, lagfree tidak dapat memuaskan bahwa sejak ia harus meningkatkan cpu melalui setiap langkah frekuensi yang lebih tinggi dari saat ini. Beberapa pengguna melaporkan bahwa pemutaran video menggunakan lagfree sedikit terputus-putus.

10. SmartassV2:

Versi 2 dari governor  dari Erasmux. Tujuan governor ini adalah “frekuensi yang ideal”, dan ramp up lebih agresif terhadap freq dan kurang agresif setelah tidak dibutuhkan. Menggunakan frekuensi yang ideal berbeda untuk layar dan layar off, yaitu awake_ideal_freq dan sleep_ideal_freq.

11. Smartass

Didasarkan pada konsep governor interaktif.
Kinerja adalah setara dengan  minmax dan  sedikit lebih responsif. Daya tahan baterai yang sulit untuk dihitung secara tepat tetapi tidak menghabiskan lebih banyak batere pada frekuensi yang lebih rendah

12. Scary

governor ini membatasi frequensi yang terlalu tinggi dengan tujuan untuk mendapatkan masa pakai baterai terbaik dengan kinerja yang layak.

13. Brazilianwax:

Mirip dengan smartassV2. Lebih agresif ramping, kinerja jadi lebih, baterai kurang

14. SavagedZen:

Lain Gubernur berbasis smartassV2. Mencapai keseimbangan yang baik antara performa & baterai dibandingkan dengan brazilianwax.

15. Lazy:

Ini governor dari Ezekeel pada dasarnya adalah sebuah ondemand dengan min_time_state parameter tambahan untuk menentukan waktu minimum CPU tetap pada frekuensi sebelum scaling up / down. Ide di sini adalah untuk menghilangkan ketidakstabilan yang disebabkan oleh frekuensi switching cepat dengan ondemand.

16. Lionheart:

Lionheart adalah governor konservatif yang berbasis yang didasarkan pada sumber Update3 samsung.
Kelemahanya adalah memakan banyak daya pada batere, sehingga daya batere akan semakin berkurang dalam waktu relatif cepat

 

Telah banyak disediakan kernel dengan mengadopsi berbagai pilihan governor, tinggal kita yang harus memilih sesuai dengan penggunaan dalam keseharian, jangan sampai salah pilih yak? :D

 

 

Bagi & sebarkan

Komentar