Menyimpan Peta Offline di Google Maps Baru

Google Maps masih menjadi aplikasi paling populer untuk menunjukkan lokasi dan arah jalan. Selain datanya yang sangat lengkap, aplikasi Androidnya pun juga sangat powerful. Bahkan banyak juga aplikasi lain yang menggunakan Google Maps untuk menampilkan peta.

Versi terbaru dari Google Maps for Android memang keren, nggak cuma mengubah tampilan, tapi ada beberapa fitur baru. Tapi ada yang membingungkan, kalo versi sebelumnya kan ada pilihan buat menyimpan suatu area ke memory hape (jadi peta offline), di versi terbaru ini nggak ada pilihan itu, tapi ternyata kamu tetep bisa menyimpan peta offline. :P

Begini caranya, cari lokasi yang mau dibuat offline, lalu zoom sampai area itu terlihat jelas, soalnya kalo terlalu luas juga nggak bisa disimpan. Setelah itu ketik “OK maps” pada form pencarian, abaikan semua sugesti nama tempat dan langsung saja tekan “Search”. Tunggu sampai proses penyimpanan selesai.

gmaps-1

gmaps-2

gmaps-3

Area yang tersimpan adalah seukuran layar hape kamu, jadi ketika kamu membukanya lagi nggak butuh koneksi internet, dengan begitu akan lebih cepat ditampilkan.
Sayangnya belum semua area bisa disimpan secara offline. Silakan coba, siapa tau area yang kamu maksud udah bisa.

UPDATE: Pada update Google Maps yang terbaru telah ditambahkan tombol “Make this map area available offline”, nggak perlu repot nulis “OK maps” lagi. [via Google+]

gmaps-new

[via AddictiveTips]

Tags: ,
Bagi & sebarkan

Komentar